GRAND FUNK RALROAD

Grand Funk Railroad - E' PLURIBUS FUNK -

Grand Funk Railroad - E' Pluribus Funk - sebenarnya adalah album terahir Grand Funk Railroad dalam formasi trio nya, setelah album ini Craig Frost bergabung dengan Grand Funk Railroad sebagai pemain keyboard. saya teringat pada salah seorang sahabat saya di FaceBook, Mamat Achmad yang pernah menanyakan pada saya, apakah saya masih memiliki koleksi lagu-lagu dari GRAND FUNK RAILROAD, nah pertanyaan yang barangkali sudah dia lupakan saya jawab hari ini dengan mem-posting koleksi Grand Funk Railroad yang saya miliki. Berhubung lagu-lagunya cukup banyak, maka saya mem-posting berdasarkan Album mereka dan postingnya tidak akan berurutan berdasarkan urutan album yang pernah mereka buat, tapi lagu-lagunya Insya Allah dijamin lengkap (kalo ada yang kurang tolong dikasih tau ya ? he he he).
Grand Funk Railroad adalah group trio yang cukup menggebrak dan berjaya di era 70-an
banyak lagu-lagu mereka yang menjadi hit di masa tahun 70-an, saya tidak akan menyebutkannya satu persatu karena sangat banyak.



Album yang mereka buat antara lain :
  • ON TIME
  • GRAND FUNK
  • CLOSER TO HOME
  • LIVE ALBUM
  • SURVIVAL
  • E' PLURIBUS FUNK
Di ke-enam album inilah mereka menjadi salah satu top group yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh super group lainnya yang menjadi saingan mereka seperti HUMBLE PIE, BUDGIE TRIO, LED ZEPPELIN, DEEP PURPLE dan lain-lain nya. Genre musik Grand Funk Railroad adalah Rock. formasi Group ini terdiri dari 3 personil ; Mark Farner Guitar & Lead Vocal, Don Brewer Drum, Percussion, Vocal, Backing Vocal, Mel Schacher pada Bass. Kesuksesan group trio ini bukan semata-mata karena prestasi musikalitas mereka, tapi karena adanya campur tangan dari Terry Knight yang manager sekaligus produser Grand Funk Railroad. Setelah albumnya yang ke 6 (E' Pluribus Funk) Terry Knight mengundurkan diri dari manajemen Grand Funk Railroad. apa pasalnya sampai dia mengundurkan diri saya juga tidak tahu jelas hanya saja semenjak Terry Knight berhenti menangani Super Group ini kualitas musikalitas mereka menjadi menurun, tapi opini ini menurut saya lho, jadi cenderung bersifat subjektif karena menurut saya setelah album E' Pluribus Funk kualitas musikalitas dan juga lagu-lagu mereka berubah, ciri khas Grand Funk (kecuali suara khas Mark Farner) seakan hilang.
Urutan album lainnya setelah keenam album tersebut saya tidak begitu hapal karena saya tidak terlalu mengikuti lagi perjalanan karier group ini. Sekedar info Grand Funk menambah satu personil dalam formasi band mereka yaitu Craig Frost sebagai pemain keyboard. Album pertama GFR dengan formasi baru ini yaitu PHOENIX dan dilanjutkan dengan WE'RE AN AMERICAN BAND, SHININ'ON, ALL THE GIRLS IN THE WORLD BEWARE, lalu album yang ada gambar ke 4 personil GFR sedang berbaring dalam peti mati, berjudul BORN TO DIE, lagu hit pada album tersebut yaitu Talk To The People. setelah ini mereka mengeluarkan lagi satu album. Nah dari sini mulai dari judul Album sampai nama nama lagunya saya benar-benar tidak ingat, blank total ! he he he. ......tapi jangan kuatir, jika ada diantara anda yang me request lagu GFR dari album-album yang saya ngga tau itu, pasti akan saya carikan It's a promise, Ok ?. Nah tentang mengapa musik GFR berubah total berikut ini saya kutip kata-kata dari Don Brewer yang drummer GFR sebagai berikut :

As someone who grew up listening to Grand Funk on vinyl (I still listen to them on vinyl, by the way), but was too young to see them live “back in the day,” I had to ask: How does 2009 differ from 1969? “It’s a whole different career,” says Don Brewer, original member and drummer. “We were the new kids back then. We were playing to people our own age.” These days, when Grand Funk takes the stage, their original fan base is there, accompanied by children and grandchildren. “It’s a totally different experience,” says Brewer. “When three generations of people know the words, I really get a charge out of that"

Yang mengejutkan dan penuh sensasi dari group ini adalah berpisahnya Mark Farner yang Vocalist sekaligus dedengkot Grand Funk dari GFR entah karena pasal apa, memang ada terjadi beberapa kali terjadi re-uni kembalinya Mark Farner kedalam formasi GFR, yah begitulah .... keluar masuk sampai ahirnya betul-betul keluar. Setelah Mark Farner menyusul Craig Frost yang juga berpisah dengan GFR mengenai apa penyebabnya.... lagi-lagi saya tidak tahu (barangkali ini tugas sahabat saya Hadi Pramono untuk mencari materi lengkap tentang Grand Funk Railroad untuk di posting pada blog "Catatan Musik" nya.) karena tugas utama saya dalam blog ini adalah menyediakan lagu untuk anda download dan bukan mengungkap biografi musisi ataupun group band. Singkat kata Grand Funk yang sekarang adalah Grand Funk tanpa Mark Farner, mengenai seperti apa warna musik-nya yang sekarang.... well, I Have No Idea, saya sendiri juga tidak tahu karena saya sudah "tidak mengikuti" lagi group GFR (praktis mulai dari Album "Phoenix"), Namun saya hanya pernah menonton DVD Mark Farner yang kini bermain dalam sebuah group Rock trio dengan 2 orang personil nya yang masih muda, selisih usia Mark dengan kedua personil dalam group band nya ini terpaut cukup jauh, dan Group band Mark Farner yang sekarang justru sering membawakan lagu-lagu Grand Funk Railroad
Tapi nampaknya Grand Funk Railroad yang sekarang masih berusaha mempertahankan ciri khas ke "GRAND FUNK"-an nya dengan memilih vocalist yang warna suaranya dan gaya vocal nya mirip atau sekurang-kurangnya mendekati gaya dan warna vocal Mark Farner
Gambar berikut adalah formasi dari "New" GRAND FUNK RAILROAD (tanpa Mark farner)

Don Brewer, Mel Schacher, Max Carl, Bruce Kulick, Timothy "Tim" Cashion and Don Baker

Dan buat anda yang merasa penasaran seperti apa Grand Funk Railroad yang sekarang. maka saya sertakan juga video mereka dengan formasi nya yang sekarang (tanpa Mark Farner) :



Sajian koleksi Grand Funk Rairoad yang akan saya post kedalam blog ini terbagi dalam beberapa episode, karena jika saya sajikan semuanya sekaligus maka postingan ini akan menjadi sangat panjang dan penuh dengan dongeng yang tentunya akan membuat anda keburu jenuh sebelum men-download. Di postingan episode 1 ini saya akan menyajikan Lagu-lagu Grand Funk Railroad dari album mereka yang berjudul E' PLURIBUS FUNK

Footstompin Music
People Lets Stop The War
I Come Tumblin'
Upsetter
Save The Land
No Lies
Loneliness


Klik tombol "Home" di bagian atas sebelah kiri
untuk kembali ke Halaman Utama

Category:  
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response.
blog comments powered by Disqus


 

DAFTAR BLOG SAYA

MUZIEK NEWS !

Copyright © 2009 by MUSIC LOVERS FREE DOWNLOAD
Themes : Magazine Style by Blogger Magazine